ANALISIS PENGARUH PENERAPAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN TERHADAP KINERJA MANAJER PUSAT LABA PADA PT LANGGAK INTI LESTARI TAHUN 2017-2018

  • Dessy Nufry Utami Universitas Pasir Pengaraian
  • Sri Yunawati Universitas Pasir Pengaraian
Keywords: Akuntansi Pertanggungjawaban, Kinerja Manajer Pusat Laba

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana akuntansi pertanggungjawaban berpengaruh terhadap kinerja manajer pusat laba pada PT Langgak Inti Lestari. Penelitian ini menggunakan akuntansi pertanggungjawaban sebagai variabel independen dan kinerja manajer pusat laba sebagai variabel dependen. Populasi dalam penelitian ini adalah pimpinan dan karyawan PT Langgak Inti Lestari sebanyak 104 orang, dan teknik pengambilan sampelnya menggunakan metode non probability sampling dan penentuannya menggunakan purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 24 responden. Analisis data dalam penelitian in menggunakan analisis regresi linier sederhana, uji hipotesis t, uji koefisien korelasi dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa akuntansi pertanggungjawaban (X) secara persial berpengaruh terhadap kinerja manajer pusat laba (Y). Data-data yang diolah dengan menggunakan program SPSS menghasilkan persamaan regresi Y = -1,884 + 0,066X. hasil uji t diperoleh Thitung sebesar 3,911>Ttabel sebesar 2,073. Berdasarkan hasil uji t yang dilakukan bahwa ada pengaruh secara signifikan antara akuntansi pertanggungjawaban  terhadap kinerja manajer pusat laba pada PT. Langgak Inti Lestari

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuty Widia, dkk (2015). “Akuntansi Manajemen” (Edisi Revisi). Medan :Perdana Publishing

Audy, alveria (2017). “Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban Pada Pusat Biaya PT Alam Anugrah Sejati”. Jurnal Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Dian Nurwantoro Semarang.

Hansen, Don R., dan Mowen, Maryanne M. (2013). Akuntansi Manajerial. (Edisi Kedelapan). Buku1. Jakarta: Salemba Empat.

Juita, Raja Kurnia (2014). “Analisis Penerapan Akuntansi Pertanggung jawaban” pada PT. PLN Persero. Jurnal Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Maritim Raja Ali Haji, Tanjung Pinang.

Murhadi, Werner 2013. Analisis Laporan Keuangan, Jakarta: Salemba Empat

Murdayanti, Yunika 2017. Anggaran Perusahaan: Konsep dan Aplikasi. In media Jakarta

Salman, Kautsar Riza 2016. Akuntansi Manajemen: Alat Pengukuran dan Pengabilan Keputusan Manajerial. Indeks Jakarta

Samryn, L.M. 2012. Akuntansi Manajemen: Informasi Biaya untuk Mengendalikan Aktivitas Operasi & Investasi Edisi Revisi. Jakarta : Prenamedia Group.

Selina, Usman (2016). “Analisis Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban Dalam Penilaian Kinerj Pusat Pendapatan Pada PT. Siantar Top,Tbk”. Jurnal Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Bhayangkara Surabaya.
Published
2020-11-06