Pengaruh Kepemilikan Institusional, Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Investasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018

  • Sri Patmawati Universitas Pasir Pengaraian
  • Zulkarnain Universitas Pasir Pengaraian
Keywords: Kepemilikan Institusional, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Pertanggungjawaban Sosial

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemilikan institusional, profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap pertanggungjawaban sosial pada perusahaan Investasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018. Objek penelitian ini adalah perusahaan Investasi Terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2016 sampai dengan tahun 2018. Model analisis yang digunakan analisi sregresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial kepemilikan institusional berpengaruh signifikan terhadap pertanggungjawaban sosial, sedangkan profitabilitas dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap pertanggungjawaban sosial, secara simultan antara kepemilikan institusional, profitabilitas dan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap pertanggungjawaban sosial pada perusahaan Investasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018. Dengan nilai ditunjukkan oleh nilai signifikansi 0,026 < 0,05 dan nilai F-hitung 3,724 ≥ F-tabel 3,028. Penelitian yang akan datang, sebaiknya dilakukan penambahan variabel sehingga dapat diketahui apakah variabel lain yang mempengaruhi corporate social responsibility perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Acep Edison. 2017. Struktur Kepemilikan Asing, Kepemilikan Institusional Dan Kepemilikan Manajerial Pengaruhnya Terhadap Luas Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Csr) (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Utama Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013 - 2014). Fakultas Ekonomi Universitas Widyatama. Vol. 11, No. 2 Mei 2017 Hal. 164 – 175.
Cut Dinda Anissa dan Nera Marinda Machdar. 2019. Pengaruh Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial dan Profitabilitas terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial dan profitabilitas terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan dengan ukuran dewan direksi sebagai variabel moderating. Fakultas Bisnis Institut Teknologi dan Bisnis, Jakarta Timur. ISSN 2356 – 4385.
Kurnianingsih, Heni Triastuti. 2013. Pengaruh Profitabilitas dan Size Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis. Vol.13. No.1.
Rosa Fitriana. 2019. Pengaruh Kepemilikan Institusional, Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Penelitian Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Universitas Bale Bandung. Volume VIII
Published
2020-06-30