Pengembangan Lembar Kerja Siswa Matematika Berbasis Penemuan Terbimbing Untuk Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Pada Materi Segiempat

Authors

  • Veta Fitriani Universitas Pasir Pengaraian
  • Lusi Eka Afri Universitas Pasir Pengaraian

DOI:

https://doi.org/10.30606/absis.v3i1.494

Keywords:

Development, Guided Discovery Based, Quadrilateral

Abstract

This study aims to produce valid guided discovery-based math worksheets on rectangular material. This type of research is development research. This research consists of three stages of development, definition, design, and development. This study's subjects were class VII students of SMP Negeri 3 Rambah Hilir in the second semester of the 2019/ 2020 school year. The instrument used in this study was a validation questionnaire sheet. Discovery-based worksheets guide the results of this study. Based on the validity test of the guided discovery-based student worksheet carried out on three validators with several revisions and improvements, the average score of the guided discovery-based student worksheet validation was 3.73 with a very valid category. So it can be concluded that guided discovery-based worksheets are very valid.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Depdiknas. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Matematika SMP/MTs. Jakarta: Depdiknas.

Dewi, R. 2019. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Menggunakan Model Learning Cycle dengan Pendekatan Saintifik Materi Himpunan kelas VII SMP. Jurnal. (FKIP)

Hidajat, F. A., & Hidajat, B. I. 2018. Discovery Chanel: Penelitian dan Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika Berbasis Penemuan Terbimbing Pada Materi Bangun Datar. Prosiding Semnas PPM 2018, 1(1), 185-191.

Isharyadi, R., & Ario, M. 2018. Pengembangan Modul berbantuan Geogebra pada perkuliahan geometri transformasi. Guru Tua: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1).

Setiyorini, E. 2014. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP Negeri 1 Boyolangu Tulungagung Tahun Pelajaran 2013-2014.

Sholehah, S. 2016. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Berbasis Contextual Teaching Learning (CTL) Materi Himpunan Kelas VII SMP. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FKIP Prodi Matematika, 2(1)

Sitorus, R. 2016. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Matematika Berbasis Penemuan Terbimbing Untuk Siswa Kelas VIII SMP Materi Lingkaran. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FKIP Prodi Matematika, 2(1)

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sumaji. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis. Prosiding. Makalah dipresentasikan dalam Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Surbakti, E. 2016. Pengembangan LKS Matematika Berbasis Penemuan Terbimbing Siswa Kelas VII SMP Materi Bangun Datar Segi Empat. Jurnal Pendidikan Matematika. Universitas Pasir Pengaraian

Suyadi, V. R. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Penemuan Terbimbing Untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Downloads

Published

2020-10-31

How to Cite

Fitriani, V., & Eka Afri, L. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Matematika Berbasis Penemuan Terbimbing Untuk Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Pada Materi Segiempat. Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(1), 220–229. https://doi.org/10.30606/absis.v3i1.494

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.